17 Maret 2009

Bermula dari HABIT

Apa yang terjadi pada diri kita dalam segi kesehatan, berat badan dan segala aspek kehidupan , sebagian besar adalah disebabkan karena KEBIASAAN yang kita lakukan dalam beberapa tahun kebelakang. Atau orang biasanya menyebut dengan HABIT!

Sebagai contoh, orang yang memiliki masalah jantung koroner atau kanker paru-paru disebabkan salah satunya karena kebiasaan merokok yang telah bertahun-tahun dilakukan. Artinya, orang tidak langsung terkena masalah jantung koroner hari ini karena menghisap satu batang rokok kemarin. Kalau kita merokok satu batang rokok kemudian langsung terkena jantung koroner, kita pasti akan berhenti merokok dengan segera. Tapi sayangnya akibat dari kebiasaan kita biasanya tidak akan muncul dalam waktu dekat . Jadi orang merasa bahwa merokok hari ini nampaknya tidak akan menimbulkan masalah apa-apa untuk saat ini, dan akhirnya mereka menjadikan kebiasaan merokok tersebut sebagai HABIT!

Demikian juga halnya dengan berat badan atau kesehatan yang kita miliki saat ini. Saya akan berikan gambaran mengapa anda naik berat badan. Badan kita terdiri dari milyaran sel yang pada dasarnya setiap sel di dalam tubuh kita membutuhkan nutrisi atau gizi yang terbaik supaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik pula. Badan kita tidak ada "spare part" atau suku cadangnya. Kalau ginjal kita rusak, tidak ada orang yang jualan ginjal di toko. Nah, kalau badan kita membutuhkan gizi yang tebaik, sekarang mari kita lihat apa yang kita makan sehari-hari.

Apa yang kita makan sehari-hari biasanya:
1. Terlalu banyak Lemak
2. Tinggi Kolesterol (kita semua suka apapun yang digoreng)
3. Terlalu banyak gula
4. Terlalu banyak garam
5. Terlalu banyak protein hewani
6. Kurang Vitamin, mineral yang dibutuhkan tubuh
7. Kurang air putih
8. mengandung karsinogen (zat yang timbul karena proses memasak seperti dibakar atau dipanggang. Zat ini yang dapat memicu timbulnya masalah

seperti kanker)

Intinya adalah apa yang kita makan tidak memiliki keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan. Dalam jangka panjang orang akan memiliki masalah dengan berat badan dan kesehatan.
Menurut WHO, 70% kematian dini saat ini disebakan oleh masalah sepert diabetes, jantung, stroke, dan kanker. Lebih jauh, WHO mengatakan kalau 50% penyebabnya adalah nutrisi yang buruk.
Jadi , keadaan anda saat ini adalah buah dari HABIT atau kebiasaan anda selama bertahun-tahun.

Kalau kita menyadari hal itu, kita perlu menelaan apakah HABIT kita akan menuntun kita pada PENYAKIT ataukah kita ingin mengubah HABIT kita hingga membuahkan KESEHATAN. Sarapan Nutrisi salah satu HABIT yang akan memberi buah SEHAT bagi tubuh kita.


(Sumber Konsultan Nutrisi : Dr. Gigi Lily Tandian – Banjaran Jawa Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar